Followers

Thursday 3 September 2015

Tumbuhan Kecil Atasi Beragam Penyakit 

Khasiat Tanaman Greges Otot


        Menarik jika mendengar nama tumbuhan ini. Mendengar namanya saja menarik untuk lebih dekat mengenalnya. Tumbuhan yang sering dijumpai di tempat terbuka atau sedikit ternaungi ini biasanya berkumpul pada tanah lembah berpasir dan berbatu-batu yang banyak tergenangi air, sepanjang aliran air di pegunungan, di tepi-tepi sungai, selokan atau bahkan di rawa-rawa.
        Tanaman pakuan yang tumbuh tegak atau tumbuh keatas diantara tumbuhan lainnya itu bisa setinggi sekitar 1 meter. Pangkalnya yang terkadang merayap dan ujung berjuntai, serta batangnya agak lemas, berongga dengan diameter 2-10mm, bergaris-garis, beruas panjang merupakan ciri-ciri dari tumbuhan ini agar kita cepat mengenalinya. Sedang ciri-ciri lainnya adalah cabang-cabangnya berkaranng keluar dari buku-bukunya, selalu berwarna hijau dengan akar rimpang merayap.
        Tanaman yang mempunyai berbagai nama lokal, diantaranya adalah bibitungan, tata-ropangan (sunda), lorongan haji, petungan, sempol, tepung balung, tikei balung, tropongan (jawa), sodlisoan (madura), rumput betung, sendep-sendep (sumatera).

Khasiat obat :
        Hebatnya meski tanaman ini kecil dan pipih tapi tanaman ini dapat membantu untuk mengatasi penyakit seperti : radang mata, influenza, demam, diare, radang usus, hepatitis, kecing atau berak berdarah, bengkak, tulang patah, wasir, rematik.
        Sedang pemanfaatannya adalah seluruh bagian herba ni. Caranya tanaman dicuci bersih, lalu dipotong-potong seperlunya. Jemur untuk disimpan dan diperlukan apabila kita mengalami sakit.
  •  Tulang Patah 
Bila kedudukan tulang baik, ambil 2 batang herba segar seutuhnya, dicuci lalu di tumbuk halus, remas dengan air garam secukupnya. Ramuan ini di pakai untuk menurap baguan yang cedera, lalu dibalut. Diganti 2x sehari.
  • Hepatitis
30g herba, greges otot direbus munim sebagai teh.
  • Radang mata
Greges otot, biji boroco, bunga chrysant, kulit jenis jangkrik, masing-masing 10g rebus. Selah dingan saring lalu minum.
  • Rematik
15g herba kering dan sebutir asam direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, minum pagi dan sore sampai sembuh.
  • Wasir
30g herba segar greges otot cuci bersih lalu digiling halus. Tempelkan pada wasirnya.

Peringatan : Pemakain pada waktu yang lama, dapat mengganggu fungsi ginjal. Selamat menciba semoga diberikan kesembuhan dan jangan lupa berdo'a ..



No comments:

Post a Comment