Followers

Sunday 6 September 2015

OBATI DEMAM, Kurangi Kegemukan

KHASIAT TANAMAN BANGLE

        Diantara rempah-rempah yang mempunyai banyak manfaat adalah tumbuhan bangle. bangle yang berasal dari daerah Asia Tropika, dari India sampai Indonesia. Bangle memang sudah terkenal akan khasiat yang dimilikinya, kandungan beberapa senyawa di dalam bangle dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Jadi wajar saja hingga saat ini menjadi tanaman yang dibudidayakan.
        Bangle terbukti memiliki kandungan berupa asam organik, mineral, lemak, gom albuminoit, gula, damar (pahit), minyak atsiri (sineol, pinen, sesquiterpen) yang kesemuanya bersifat karminatif, anti inflamasi, analgesik, antipiretik. Bahkan 64 komponen diidentifikasi dalam minyak daun dan 32 komponen diidentifikasi dalam minyak rimpang. rimpang bangle menghasilkan skitar 1,84% dari minyak atsiri berwarna yang mengandung terpinen sebagai kontituen utamanya.
        Disamping itu, rimpang bangle mengandung phenylbutanoids, sabinene dan terpinen-4-ol, trans-l- (3,4-dimethoxyphenyl), dimetho-xyphenyl) butadiena dan trans-4-(3,4-dimethoxyphenyl) tapi-3-ene-l-il asetat sebagai kontituen utama. Sedangkan kandungan antioksidan baru yang ditemukan adalah cassumunarin A, B, dan C. Maka tak pelak tanaman yang satu ini ramai dijadikan obat tradisional sekaligus obat herbal.

MANFAAT DAN KHASIAT

        Berikut beberapa manfaat tanaman bangle bagi kesehatan. Pemakaian dalam untuk minum: 1/2-3. jari rimpang, direbus. Pemakaian luar. Rimpang secukupnya dicuci bersih lalu diparut dipakai sebagai tapal atau boreh pada sakit kepala, pegal linu, mengecilkan perut sehabis melahirkan, dan sebagainya. Secara lengkap berikut resep pemakaian bangle:
  • Demam dan masuk angin
15gram rimpang bangle yang segar dicuci lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Diaduk merata lalu diperas dan disaring, minum. Lakukan 2x sehari.
  • Perut mules
Rimpang bangle, rimpang jahe, kencur, dan lempuyang wangi, masing-masing 1/2 jari tangan dicuci lalu diiris tipis-tipis. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin saring lalu diminum.
  • Sakit kepala karena demam
 Rimpang segar secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Dipakai sebagai pilis pada dahi.
  • Sakit kuning
1/2 rimpang bangle dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. peras dan saring, minum. Lakukan 2x sehari.
  • Mengecilkan perut setelah melahirkan
Rimpang bangle secukupnya dicuci lalu diparut, borehkann pada perut.
  • Kegemukan / Mengurangi lemak tubuh
a. Sepotong rimpang bangle dan 7 lembar daun jati belanda dicuci lalu direbus dengan 1,5 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dibagi untuk 2x minum. pagi dan sore hari.
b. Rimpang bangle dan rimpang temu hitam, masing-masing 1/2 jari tangan dicuci lalu diparut. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis dan 2 sendok makan madu, aduk merata sambil diremas-remas. Peras dan saring, minum. Lakukan 2-3x sehari.

No comments:

Post a Comment