Followers

Sunday 6 September 2015

BEROBAT HERBAL DAUN SUKUN

Khasiat Tanaman Sukun

        Sukun adalah tumbuhan dari genus Artocarpus dalam famili Moraceae yang terdiri atas 50 spesies tanaman berkayu dan hanya tumbuh di daerah panas dan lembab dikawasan tropika seperti Malaysia dan Indonesia.
        Sukun adalah nama sejenis pohon dan nama buahnya sekali. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, mirip roti setelah di masak atau di goreng. Tak banyak orang yang menanam pohon sukun ini. Selain kurang "menjual", masyarakat belum begitu mengetahui manfaat tanaman tersebut. Akan tetapi sebenarnya tanaman sukun ini sangat bermanfaat.
        Daunnya mempunyai khasiat buat kesehatan, efektif untuk mengobati berbagai penyakit seperti liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa, jantung, dan ginjal. Bahkan, masyarakat ambon memanfaatkan kulit batangnya untyk obat mencairkan darah bagi wanita yang baru 8-10 hari melahirkan.

       Herbal daun sukun
       Lebih lanjut, untuk mendapatkan khasiat daun sukun secara maksimal, sebaiknya pilih daun sukun yang memiliki warna hijau mencolok alias tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. Kandungan klorofil atau zat hijau daun sukun itulah yang bermanfaat untuk kesehatan. Ramuan daun sukun diyakini mampu meredakan keluhan-keluhan penyakit dibawah ini.

       Gangguan ginjal
       Ambil segenggam daun sukun kering (kurang lebih 15gram) yang telah diranjang atau dipotong kecil-kecil. Seduh dengan air panas seperti membuat teh. Ramuan tersebut disaring untuk ambil airnya. Rasanya memang agak pahit, untuk menguranginya dapat ditambahkan gula batu atau madu.

       Penurun kolesterol
       Ambil segenggam daun sukun yang sudah kering (15gram) kemudian campur dengan daun bangle dengan ukuran yang sama atau 2 sendok teh serbuk bangle. Seduh dengan air mendidih seperti membuat teh. Jika tak kuat rasa pahitnya anda juga bisa menambahkan rasa manis dari gula batu atau madu.

      Asam urat
      Ambil segenggam daun sukun yang telah dikeringkan (15gram) campur dengan segenggam daun greges otot (atau 2 sendok teh dalam bentuk serbuk). Seduh dengan air mendidih lalu saring. Setelah dingin minum seperti halnya teh. Dapat juga ditambahkan gula batu atau madu.

      Penyakit Jantung
      Daun sukun juga bisa untuk mengobati penyakit jantung. Caranya, ambilah 1 lembar daun sukun tua yang masih nempel di pohon. Daun sukun tua mempunyai kadar zat kimia maksimal. Cucilah sampai bersih lalu di jemur hingga kering. Kemudian rebus sampai mendidih dengan 5 gelas air dan sisakan sampai tinggal separo. Tambahkan air lagi hingga mencapai volume 5 gelas. Tunggu hingga mendidih dinginkan setelah itu disaring. Rebusan air itu siap diminum dan harus habis tak bisa disisakan untuk esok hari.

Catatan ; Selama meminum ramuan daun sukun, hindari makan sayur bayam, daun singkong dan kangkung serta jeroan atau daging merah, karena dapat meningkatkan kekentalan darah yang membuat oto menjadi kram.

No comments:

Post a Comment